Rabu, 18 Januari 2012

Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit

Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit - Hallo sahabat Distributor Minyak Goreng Kelapa, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Istilah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit
link : Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit

Baca juga


Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit

jenis-tanah-kelapa-sawit.jpg
Pelaksanaan budidaya kelapa sawit menggunakan media tanam berupa tanah. Namun tidak sembarang tanah bagus untuk mendukung pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Setidaknya tanah tersebut harus beraerasi baik, mengandung lempung, dan kondisinya subur. Selain itu, tanah juga harus memenuhi persyaratan tumbuh kelapa sawit seperti drainasenya yang lancar, permukaan air tanahnya terletak cukup dalam, keberadaan solum juga cukup dalam, serta tidak mengandung banyak bebatuan.

Pada dasarnya, kelapa sawit menyukai tanah yang memiliki kontur datar sampai bergelombang dengan tingkat kelerengan berkisar antara 0-25 persen. Tanah terletak di suatu tempat yang memiliki ketinggian sekitar 1-400 m dpl serta tidak tergenangi air. Sedangkan tingkat keasaman tanah yang ditoleransi berada di derajat pH 4-6.

Terdapat 3 jenis tanah yang cocok digunakan untuk membudidayakan kelapa sawit, antara lain :

1. Tanah Latosol
Tanah latosol biasanya juga disebut tanah merah karena mempunyai warna kemerah-merahan. Karakteristik dari tanah ini yaitu gampang menyerap air, termasuk tanah dalam, kandungan organiknya sedang, dan pH sedang hingga asam. Tanah latosol banyak ditemukan di daerah-daerah di Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Papua, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Selain bagus untuk ditanami kelapa sawit, tanah latosol juga ideal menjadi media tanam bagi kopi, padi, dan karet.

2. Tanah Organosol
Tanah organosol terbentuk dari pelapukan bahan-bahan organik. Ada 2 macam tanah organosol yakni tanah humus dan tanah gambut. Tanah humus memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, sebaliknya tanah gambut ber-pH asam sehingga hanya cocok dibangun untuk kebun kelapa sawit.

3. Tanah Alluvial
Tanah alluvial berwarna coklat kemerah-merahan. Tanah ini terbentuk dari endapan material sungai sehingga hanya bisa dijumpai di tepi DAS (Daerah Aliran Sungai). Tingkat kesuburan tanah ini bergantung pada jenis material halus yang diangkut oleh aliran sungai dan mengendap di tepi. Tanah alluvial merupakan tanah yang cocok ditanami tumbuhan buah-buahan, palawija, padi, aren, dan kelapa sawit.

Distributor Minyak Goreng Kelapa tidak sulit lagi kita temui, karena dengan satu klik saja di computer internet akan menunjukan berbagai macam distributor Minyak Goreng Kelapa ,  Anda tertarik mencoba varian rasa dari gorengan Minyak Goreng Kelapa ini? tunggu apalagi, mari kita mencoba sesuatu hal yang baru contohnya dengan menggoreng Minyak Goreng Kelapa ini. yuk simak selengkapnya DISINI dan anda juga bisa aneka camilan lainnya DISINI


Demikianlah Artikel Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit

Sekianlah artikel Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tipe tanah yang tepat untuk tanaman kelapa sawit dengan alamat link https://grosirminyakgorengkelapa.blogspot.com/2012/01/tipe-tanah-yang-tepat-untuk-tanaman.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar